Laman

Selasa, 18 Desember 2012

Kuno Bukan Jelek

       Kata "Kuno" sedikit demi sedikit mengalami peyorasi pada akhir-akhir ini. Mengalami peyorasi karena kuno selalu dikaitkan dengan hal-hal yang berbau negatif. Contoh, orang mengartikan kuno sebagai sesuatu yang ketinggalan zaman. Selain itu Kuno identik dengan nilai jual rendah,  tidak trending, dan kolot, dan bahkan ada yang mengartikannya jelek. Padahal jika kita telisik lebih jauh "kuno" tidak sama dengan hal-hal yang seperti itu. Arti kata "Kuno" adalah dari zaman dahulu (KBBI). Jika kita telisik lebih jauh, kata ini mengandung makna nilai yang begitu dalam untuk dicermati. Nilai-nilai tersebut adalah sebagai berikut yang akan diulas satu persatu.
Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia
Nilai Seni dan Budaya
biasanya terkandung dalam hasil cipta karya manusia yang berupa tata nilai sosial, kumpulan sastra pujangga, tarian, bentuk rumah, lagu, alat musik, dsb. tidak mudah untuk untuk menciptakan suatu seni yang berwujud di atas. tidak jarang untuk menciptakan hal-hal diatas melalui filosofi-filosofi yang berkaitan dengan nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Hal ini dilakukan semata-mata agar seni budaya yang dilahirkan tidak keluar dari kaidah-kaidah konsep universalitas. Sesuatu seni budaya yang bagus tentu harus bisa dinikmati oleh semua kalangan karena nilai yang terkandung merupakan nilai universal, tidak berpatok pada golongan tertentu saja.
Faktanya seni budaya ini yang membangun karakter bangsa Indonesia yang seperti sekarang yang terdiri dari bermacam produk seni dan budaya. Jika kita berkeliling dunia tidak ada negara yang memiliki keanekaragaman budaya seperti Indonesia. Dan kehadiran budaya ini 


Nilai Sejarah
nilai terkadung selanjutnya ketika orang berkata "Kuno" pasti ada nilai ini yang terkandung. Aspek Historis. Nilai ini diperlukan sebagai bukti otentik atau saksi bisu mengenai peradaban atau peristiwa yang pernah ada. Aspek sejarah ini sangat berharga untuk kita semua yag hidup di masa sekarang. Peristiwa yang dulu pernah terjadi merupakan pelajaran untuk kita semua agar mengambil hikmahnya. Agar yang hidup di masa sekarang dapat melakukan evaluasi terhadap peristiwa masa lampau dan melakukan proyeksi kita ke depan.

Nilai Ekonomi
kenapa nilai ekonomi? Jika kita memiliki barang-barang hasil  peninggalan jaman dahulu pasti jika dilelang mencapai ratusan juta rupiah. Tapi jarang sekali untuk dipejualbelikan. Kenapa demikian?karena menurut beberapa kolektor barang kuno(melihat di televisi red.), nilai ekonomi ini terkalahkan oleh dua nilai yang saya sebutkan sebelumnya, nilai seni budaya dan nilai sejarah.

Jadi jangan sekali memakai kata "Kuno" untuk hal-hal yang negatif. Gunakan kata dengan baik dan bijak. Setiap kata memiliki arti.
KENALI BAHASAMU SEBELUM NEGARA ASING MENGENALI BAHASAMU!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar